Thursday, November 24, 2016

Ringkasan: Bimbingan Penelitian IPD-15


Ringkasan: Bimbingan Penelitian IPD-15

disampaikan oleh dr Suzanna Ndraha SpPD KGEH FINASIM

diringkas oleh: Edison Wiryo



Pada pelaksanaan penelitian kita perlu membuat proposal penelitian terlebih dahulu, yang terdiri dari: 
  • Abstrak berisi rangkuman penelitian yang dilakukan. Abstrak yang baik berisi tidak lebih dari 250 kata. Di bawah abstrak kita harus mencantumkan kata kunci (keywords), yakni kata penting yang menjadi topik paling penting dari seluruh penelitian yang telah dilakukan. Kata kunci yang baik terdiri dari 3 hingga 5 kata kunci.
  • Bab I: Pendahuluan. Bagian pendahuluan bertujuan meyakinkan pembaca bahwa penelitian yang dilakukan layak dan penting untuk diketahui oleh kalangan yang dituju. Latar belakang yang dipilih juga harus jelas tujuan dan manfaat penelitian, serta rumusan masalah mengapa dilakukan penelitian. Pertanyaan -pertanyaan yang dijadikan rumusan masalah harus dapat terjawab untuk memberikan kesimpulan pada akhir penelitian. Tujuan dan manfaat penelitian tidak boleh terlepas dari rumusan masalah dan pertanyaan penelitian. Hipotesis harus berdasarkan jawaban sementara atas pertanyaan penelitian.
  • Bab II: Tinjauan pustaka, kerangka teori dan kerangka konsep. Tinjauan pustaka yang dibuat harus bersumber dari literatur-literatur resmi dan terpercaya yang dipublikasikan maksimal 10 tahun sebelum penelitian dilakukan. Harus diperhatikan pula penggunaan superscript untuk menunjang kepustakaan. Kerangka teori adalah diagram dari tinjauan pustaka yang didalamnya terdapat kerangka konsep. Kerangka konsep sendiri itu adalah diagram yang menunjukkan jenis serta hubungan antar variabel yang diteliti.
  • Bab III: Metode penelitian. pada metoda penelitian berisikan data-data dan cara pengambilan data seperti desain, tempat dan waktu pengambilan sampel, populasi sampel, cara pengambilan sampel, besar sampel, kriteria inklusi dan eksklusi, identifikasi variabel, batasan operasional, alur penelitian, cara kerja yang detil, analisis datam masalah etika, jadwal penelitian, anggaran penelitian. 
  • Bab IV: Hasil penelitian. Hasil penelitian merupakan data-data yang didapatkan selama penelitian, baik data kategorik maupun numerik. Data dapat disajikan dalam bentuk tabel, diagram, gambar, dan lain-lain.
  • Bab V: PembahasanPada pembahasan, kita membandingkan hasil penelitian yang dilakukan dengan penelitian lain. Pembahasan harus dalam sehingga setiap pernyataan yang diungkapkan dalam penelitian memiliki dasar yang kuat. Kesimpulan dicantumkan sebagai penutup hasil penelitian. Hal penting di sini adalah, kesimpulan harus dapat menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah di bab pendahuluan.
  • Daftar pustaka. merupakan daftar dari literatur-literatur resmi yang dipakai sebagai pedoman pada bagian pembahasan dan sebaiknya ditulis dalam format international seperti Vancouver.

No comments:

Post a Comment