Wednesday, July 4, 2018

Ringkasan Bimbingan Ilmiah: Penelitian

Disampaikan oleh dr Suzanna Ndraha, Sp PD, KGEH

Diringkas oleh Nur Amira Amalina, S. Ked

Rangkuman Bimbingan Proposal Penelitian
Saya mengetahui bahwa berdasarkan Bab I Pendahuluan, Latar Belakang hanya 1-2 lembar. Tujuannya adalah untuk membuat orang tertarik membaca penelitian yang kita lakukan. Seterusnya, perumusan masalah bertujuan untuk menjelaskan kenapa penelitian ini dilakukan. Hipotesis hanya untuk penelitian analitik. Hipotesis terbagi kepada dua yaitu hipotesis nol dan hipotesis alternatif. Hipotesis nol (H0) adalah hipotesis yang menyatakan tidak ada hubungan bermakna antara kedua variabel sedangkan hipotesis alternatif (Ha) adalah hipotesis yang menyatakan ada hubungan bermakna antara kedua variabel. Hipotesis one tail untuk menguji pada satu arah apakah ada hubungan antara kedua variabel sama ada positif atau negatif. Hipotesis two tail adalah hipotesis yang belum jelas arahnya sama ada positif atau negatif. Selanjutnya, pertanyaan penelitian harus menggunakan kata tanya. Sebagai contoh, bagaimana? Apakah ada hubungan? Pertanyaan penelitian terbagi kepada pertanyaan umum dan khusus. Tujuan penelitian juga terbagi kepada tujuan umum dan khusus atau bisa juga tujuan 1, 2, 3 dan selanjutnya. Manfaat penelitian bertujuan memberi manfaat kepada peneliti, institusi, RSUD Koja, masyarakat dan juga bagi peneliti selanjutnya.
Saya mengetahui bahwa berdasarkan Bab II Tinjauan Pustaka, isi haruslah mendukung apa yang ingin diteliti. Kerangka teori dilakukan sebagai dasar untuk mengembangkan kerangka konsep. Kerangka konsep adalah bagian yang diambil dalam kerangka teori. Saya mengetahui bahwa berdasarkan Bab III Metodologi Penelitian, kriteria penelitian terbagi kepada kriteria inklusi dan kriteria eksklusi. Kriteria inklusi adalah kriteria yang dapat memenuhi syarat dan ciri-ciri penelitian serta dapat berpartisipasi dalam suatu penelitian sedangkan kriteria eksklusi adalah kriteria yang dikecualikan dan tidak dimasukkan sebagai sampel penelitian. Selanjutnya, penelitian klinis menggunakan non probability sampling. Analisis univariat adalah analisis satu variabel, analisis bivariat adalah analisis hubungan antara dua variabel dan analisis multivariat adalah analisis hubungan lebih dari dua variabel. Penelitian deskriptif menggunakan analisis univariat sedangkan penelitian analitik menggunakan analisis bivariat atau multivariat.

Rangkuman Bimbingan Laporan Penelitian
            Saya mengetahui bahwa setelah proposal penelitian dilanjutkan dengan laporan penelitian. Bab IV Hasil Penelitian dimulai oleh karakteristik total dari sampel penelitian. Sebagai contoh, dari total sampel penelitian dibedakan dengan jenis kelamin sama ada laki-laki atau perempuan. Seterusnya baru dilanjutkan dengan karakteristik yang ingin dilakukan dalam penelitian. Daftar pustaka haruslah menggunakan sistem Vancouver. Lampiran dimasukkan tabel dan data SPSS.
            Saya mengetahui bahwa Original Article dibuat dengan menggunakan spasi 1 karena memudahkan dan menarik minat orang membaca serta lebih rapi. Sebagai contoh, Original Article hanya 5 lembar sudah memadai. Pendahuluan pada Original Article tidak dibuat sub bab yang berbeda dengan laporan penelitian. Selain itu, boleh dibuat sama ada satu atau dua column.

No comments:

Post a Comment