Thursday, July 9, 2020

SOP KEGAWATDARURATAN IPD part-1



 Gangguan Ginjal Akut


Disampaikan oleh : 



dr. Suzanna Ndraha SpPD KGEH 


Di Ringkas Oleh :


- Annisza S.ked -




Sindrom ini sering ditemukan lewat peningkatan kadar kreatinin, ureum serum disertai penurunan output urin. Bila ureum kreatinin tinggi, Hb normal, tidak ada riwayat penyakit  ginjal sebelumnya dan tidak ada penyakit kronik penyebab CKD seperti DM, Hipertensi, Hiperurisemia maka kita dapat membuat dugaan sementara (diagnosis kerja) Acute Kidney Injury (AKI) atau Gangguan Ginjal Akut (GGA).
Gangguan ginjal akut adalah suatu sindrom yang ditandai oleh penuruan yang cepat pada laju filtrasi glomerulus (GFR) dalam beberapa hari sampai beberapa minggu yang disertai akumulasi dari zat sisa metabolisme nitrogen. Tatalaksana AKI berbeda dengan CKD (Chronic Kidney Disease) dimana pada AKI diperlukan terapi cairan yang banyak agar bisa mengembalikan fungsi ginjal sebisa mungkin hingga normal.
Peranan dokter di IGD sangat penting untuk membedakan AKI dengan CKD. Jika salah menilai misalnya AKI (gangguan ginjal akut) diberikan terapi cairan minimal maka dampak buruk yang terjadi adalah kerusakan ginjal bisa menetap.

Penyebab AKI dibedakan jadi  :

💕Pre-Renal 
Gangguan ginjal pre-renal ini timbul akibat dehidrasi, baik akibat asupan cairan kurang ataupun pengeluaran meningkat seperti pada diare. Pada gangguan ginjal pre-renal didapatkan perbandingan ureum : kreatinin > 40 : 1.

      Tatalaksana :
           🌸beri cairan 3L ( cairan kristaloid)/24 Jam
   ⤘Bila membaik , lanjutkan hidrasi sampai ureum-kreatinin baik, lalu kita      maintenance.
      ⤘ HATI-HATI pengecualian : bila ada ada gagal jantung, maka pemberian cairan harus disesuaikan dengan kapasitas jantungnya. Kadang kita bisa saja gagal memperbaiki fungsi ginjal bila kondisi jantung mengharuskan pembatasan cairan
   
💕Renal

Bisa terjadi misalnya pasca kemoterapi tertentu yang memang berefek nefrotoksik, atau antibiotik yang nefrotoksik seperti golongan aminoglikosida, atau  terpapar zat kontras, jamu, analgetik
     Tatalaksana 
         🌸 hentikan paparan , tidak ada terapi khusus.


💕Post-Renal
     Ada retensio urine/hidronefrosis
Tatalaksana 
 🌸atasi sumbatan (konsul urologi)
HD: sebelum tindakan pembedahan tumor atau batu saluran kemih



             


Semoga bermanfaat 🙏


No comments:

Post a Comment