Friday, June 1, 2018

VIDEO AJAR USG PENYAKIT DALAM


VIDEO AJAR USG PENYAKIT DALAM

https://www.youtube.com/watch?v=Y0abd8Snoiw&t=2s

  1. Wiyogo:  saya jadi tahu gambaran usg pada penyakit
      • Melena ec sirosis hepatis: permukaan tidak rata dan ireguler, vena porta melebar
      • Hidronefrosis ec ca cervix: ca cervix menekan ureter
      • Ckd ec ginjal polikistik: ginjal kistik dengan berbagai ukuran
      • Dispepsia dbd dengan plasma leakage: GB wall thickening, ascites
      • Abses hati: massa sol berdiameter 5cm
      • Asites ec tb peritoneum: asites dengan septa2
      • Kolelitiasis multiple: batu multiple di gallbladder
  1. Stefania Marlina Cono: Dari video ini saya dapat tahu fungsi penggunaan usg untuk ilmu penyakit dalam antara lain usg pada icterus untuk menyingkirkan kolestasis ekstrahepatik, pada sakit pinggang untuk menemukan hidronefrosis atau nefrilitiasis dan pada demam lama untuk mencari abses intraabdomen atau pembesaran KGB para aorta. 
  2. Nur Ayuni: Saya baru tahu bahwa pasien dengan keluhan melena dilakukan USG abdomen untuk mengetahui ada tidaknya sirosis hati. Bacaan sirosis hati pada USG adalah permukaan hepar tidak rata, struktur hepar kasar dan ada kelainan pada vena porta atau vena hepatitis. Saya juga baru mengetahui kasus abses hati hasil USG adalah ditemukan sol berukuran 5cm.
  3. Raymond Gun: Dalam video ini, saya dapat melihat kelainan pada organ abdomen yang bermasalah pada pasien yang sedang diperiksa. 
  4. Marliani Hanifah Mahmud : Ternyata hematemesis melena ada pelbagai penyebab dan bisa dikonfimasi dengan USG Hepar.
  5. Dian Priscilla Rantetoding: Saya baru tahu bahwa hidronefrosis bisa disebabkan oleh ca servix yang menekan ureter
  6. Stellon Salim: Saya baru tahu bahwa hidronefrosis bisa disebabkan oleh ca servix yang menekan ureter Nadia Syahirah: Ternyata USG dapat memberikan diagnostik. Dengan berbagai kasus yang ditampilkan di video, kita jadi tahu contoh penampakan di USG sesuai dengan keluhan dan sakit dialami pasien.
  7. Nur Amira: “belum ada komentar”
  8. Jean Nadya Pracitaningrum : ““Dari video ajar dokter suzan mengenai ujian minicex, dops, cbd, dan osler saya jadi lebih mudah memahami bagaimana cara melaksanakan ujian-ujian tersebut. Video video ajar dokter suzan yang lain juga sangat membantu mahasiswa dalam mengerti dan memahami bagaimana memasang infus dan NGT dengan baik dan sesuai prosedur, bagaimana melakukan phlebotomy, dan apa aja saja indikasi-indikasi tindakan tsb. Melalui video ajar dokter suzan belajar dan menghafal jadi lebih mudah. Terimakasih dokter suzan”

No comments:

Post a Comment